PEMBELAJARAN PRAKTIS RENANG GAYA DADA

Publicado  Kamis, 03 Oktober 2013



    a. Pengenalan air.
    b. Meluncur.
    c. Gerakan kaki renang gaya dada.
    d. Koordinasi gerakan meluncur dengan gerakan kaki gaya dada.
    e. Gerakan tangan renang gaya dada.
    f. Pengambilan nafas renang gaya dada.
    g. Koordinasi lengkap renang gaya dada.


             a. Pengenalan air.
                   Dalam pengenalan air ini pertama semua anak disuruh duduk di pinggir kolam lalu semua anak membasahi rambut, lalu membasahi muka, lalu membasahi badan yaitu bagian dada, bahu kanan,kiri. Setelah sudah semua anak disuruh menyiram teman yang ada disamping kiri dan kanan. Untuk menyiram dapat dilakukan dengan menyiram teman samping kiri,kanan teman no 2,3. Kemudian semua anak disuruh masuk kedalam kolam dan semua anak disuruh menghadap dinding kolam setelah itu semua anak disuruh memasukan mulut kedalam air dan selanjutnya memasukan hidung dan sampai memasukan sampai kepala. Pada saat didalam air semua anak disuruh mengeluarkan  di udara dalam air.

b. Meluncur.
      Dalam pembelajaran meluncur adalah pertama semua anak disuruh berdiri di tepi kolam dengan salah satu kaki menempel siap untuk mendorong. Kemudian kedua lengan lurus disamping telinga dan kedua ibu jari saling berdekatan diatas kepala lalu bungkukan badan sehingga kedua lengan masuk kedalam air. Pada saat itu lalu lakukan tolakan dengan salah satu kaki sebagai pendorong lalu langsung lakukan luncuran, pada saat meluncur badan harus agar melluncurnya baik.
           
c. Gerakan kaki renang gaya dada.
      Pertama semua anak disuruh duduk dipinggir kolam. Kemudian diterangkan cara melakukan      gerakan kaki renang gaya dada. Setelah sudah dijelaskan atau diterangkan barulah anak disuruh berhitung 1 sampai 4. Kemudian anak yang mendapat no 1 dan 3 disuruh masuk kolam renang sedangkan anak yang no 2 dan 4 tetap duduk dipinggir kolam. Kaki anak yang no 2 dan 4 menjulur didalam air. Kemudian anak yang no 1 dan 3 memegang kaki anak yang no 2 dan 4. Lalu anak yang no 1 dan 3 melakukan gerakan gaya dada dan anak tersebut memegang kaki anak no 2 dan 4. Urutan gerakannya yaitu kaki dalam keadaan lurus badan juga lurus,sambil memegang kakai anak no 2 dan 4 lalu secara perlahan kaki ditarik (kaki ditarik tidak dengan kekuatan). pada saat melipat kaki jangan terlalu bengkok dan jangan sampai paha menyentuh perut saat kaki mulai melipat. Saat menarik kedua kaki jangan dibuka atau pada saat melipat kaki jangan dibuka. Pada saat dibawah telapak kaki menghadap diatas kemudian langsung melakukan seperti tendangan kaki. Saat menendang telapak kaki menghadap kesamping. Setelah menendang kaki langsung kembali lurus. Kemudian gerakan itu dilakukan secara berulang-ulang dan yang harus diingat menggerakan kedua kaki harus dengan bersamaan. Setelah sudah melakukan beberapa kali melakukan gerakan kaki renang gaya dadabarulah bergantian dengan anak no 2 dan 4. Untuk pembelajaran kaki renang  gaya dada ini dapat dilakukan beberapa kali  sampai anak menguasai gerakan kaki gaya dada ini.

d. Koordinasi gerakan meluncur dengan gerakan kaki gaya dada.
     Pertama-tama semua anak disuruh masuk kedalam kolam renang. Kemudian anak disuruh berhitung 1 sampai 4. Setelah semua anak mendapat hitungan,kemudian anak no 1 suruh meluncur dengan bunyi  peluit sebagai aba-aba.setelah disuruh meluncur kemudian langsung dilanjutkan dengan gerakan kaki gaya dada. Kemudian dilanjutkan dengan anak no 2 sampai 4. Urutan gerakan kakinya yaitu pada saat meluncur kaki tetap dalam keadaan lurus kemudian kaki secara perlahan ditarik,saat menarik atau melipat tidak menggunakan kekutan.Dan pada saat melipat jangan sampai terlalu bengkok dan paha jangan menyentuh perut, saat menarik pula kaki jangan dibuka. Saat dibawahtelapak kaki menghadap diatas,kemudian langsung melakukan seperti tendangan kaki (semakin kuat tendangan kaki akan semakin kuat pula luncuran diair). Saat menendang kedua kaki akan terbuka dengan sendirinya,setelah melakukan tendangan  kaki langsung kembali lurus.

e. Gerakan tangan gaya dada.
      Pertana anak disuruh duduk dipinggir kolam kemudian anak disuruh berhitung 1 sampai 4. Anak yang mendapat no 1 dan 3 disuruh masuk kekolam, dan anak yang no 2 dan 4 tetap duduk dipinggir kolam. Kemudian anak yang no 1 dan 3 melakukan gerakan tangan renang gaya dada,caranya yaitu dengan anak yang no 2 dan 4 tetap duduk kaki anak no 1 dan 3 masuk kedalam air. Kemudian kaki anak no 1 dan 3 saling berkaitan dengan kaki anak no 2 dan 4,dan anak no 1 dan 3 melakukan gerakan tangan renang gaya dada. Urutan gerakannya yaitu tangan tetap lurus lalu tangan ditarik kesamping kira-kira selebar bahu,saat tangan ditarik kesamping kedua tangan terpisah kemudian setelah menarik kesamping barulah dengan gerakan seperti menarik kedalam. Kemudian saat menarik siku akan jadi tinggi karena ditekuk kemudian tangan bagiab bawah dapat mendorong. Pada saat tangan digerakanseperti menarik  kebawah bahu dan kepala dengan sendirinya akan naik kepermukaan air,semakin kuat tarikan tangan akan semakin terangkat bahu. Setelah anak sudah melakukan beberapa kali lalu bergantian dengan anak no 2 dan 4. Pembelajaran gerakan  tangan ini dapat dilakukan beberapa kali sampai bisa.

f.  Pengambilan nafas.
      Pengambilan nafas renang gaya dada ini yaitu dengan cara mengangkat kepala kearah depan. Kemudian memghirup udara lewat mulut,saat mengangkat kepala mulut ikut keluar dipermukaan air kemudian ambilah nafas melalui mulut dengan secupnya kemudian kepala diturunkan kembali ke permukaan air. Jadi intinya adalah pengambilan nafas  dilakukun melalui mulut dan dikeluarkan lagi melalui mulut.

g. Koordinasi lengkap renang gaya dada.
      Pertama melakukamn luncuran pada saat meluncur badan tetap lurus ,lengan dan kaki tetap dalam keadaan lurus dan kepala tetap dibawah permukaan air. Lalu kaki ditarik secara perlahan ,saat melipat kaki jangan terlalu bengkok dan saat kaki dilipat paha jangan sampai menyentuh perut. Dan pada saat menarik kakki jangan dibuka,telapak kaki menghadap diatas, kemudian langsung melakukan tendangan kaki,saat menendang telapak kaki menghadap kesamping Setelah menendang kaki langsung kembali lurus,tendangan kaki ini dapat dilakukan 2 kali tendanganlalu dilanjutkan dengan gerakan tangan ditarik kesamping ,kedua tangan terpisah,kemudian setelah menarik kesamping  mulailah seperti gerakan menarik kedalam kemudian siku akan menjadi tinggi saat ditekuk,kemudian tangan bagian bawah dapat mendorong. Saat tangan digerakan kebawah dengan kuat atau menarik dengan kuat,bahu dengan sendirinya akan terangkat maka kepala pun akan ikut terangkat. Nah saat terangkat itulah dapat mengambil nafas,kemudian secara rilex kembali lagi masuk kedalam air. Dan diingat leher jangan tegang saat masuk kedalam air,kemudian barulah dilanjutkan lagi dengan gerakan kaki. Jadi intinya gerakannya yaitu gerakan kaki dahulu kemudian dilanjutkan dengan gerakan tangan.


0 komentar: